Internet Sehat Dengan DNS Nawala

teknojournal - Pada tulisan saya kali ini sengaja saya angkat kembali sebuah project yang telah diliris pada sekitar akhir tahun 2009 yang mungkin masih banyak dari para pembaca yang belum mengetahuinya atau pernah mendengarnya namun belum mencoba menggunakannya.

Project ini bernama Nawala project yaitu sebuah DNS filter, dimana fungsi DNS Nawala ini adalah memblokir akses terhadap konten-konten yang dianggap negatif yang tidak sesuai dengan norma sosial, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia seperti yang dikutip pada situsnya. DNS filtering merupakan suatu cara yang cukup ampuh untuk penyaringan konten negatif di internet.

Dengan memanfaatkan DNS Nawala ini penyedia layanan internet seperti ISP, warnet maupun pengguna internet langsung dapat dengan mudah mengontrol akses penggunaannya dengan melakukan penyaringan dan pemblokiran terhadap situs-situs yang mengandung konten negatif. Bagaimana DNS ini bekerja?? Karena DNS Nawala ini berfungsi sebagai DNS Server maka memiliki otoritas untuk mengijinkan atau memblok akses terhadap domain tertentu yang termasuk dalam blacklist domain. Domain yang dapat di blokir oleh DNS nawala ini ada 6 kategori yaitu Adult, Gambling, Phishing, Pornography, Proxy dan SARA. Sejauh ini semua pengguna internet dapat berkontribusi dalam menentukan domain-domain apa saja yang masuk kategori untuk disaring (blokir) melalui form yang telah disediakan oleh pihak Nawala melalui link berikut: http://www.nawala.org/submit.php .

Saat ini terdapat 2 buah alamat IP yang dapat digunakan sebagai alamat IP DNS untuk DNS server kita yaitu :

  1. DNS #1: 180.131.144.144
  2. DNS #2: 180.131.145.145

Cara penggunaan DNS Nawala ini adalah dengan mengubah alamat DNS server pada komputer kita dengan alamat seperti di atas. DNS nawala ini mendukung semua sistem operasi (Windows, Mac, Linux) dan DNS ini juga tidak memerlukan biaya untuk menggunakannya. Berikut ini merupakan langkah-langkah melakukan konfigurasi DNS pada sistem operasi windows XP :

  1. Pilih Control Panel dari Start menu.
  2. Klik Network Connections yang ada di Control Panel.
  3. Pilih koneksi yang ada dari jendela Network Connections.
  4. Klik tombol Properties.
  5. Pilih lah Internet Protocol (TCP/IP) dan klik Properties.
  6. Klik radio button pada Use the following DNS server addresses dan ketikkan alamat DNS Nawala pada kolom Preferred DNS server dan Alternate DNS server.

Dengan adanya DNS Nawala Project Sebagai Filter Konten Internet maka diharapkan kita akan mampu mewujudkan Internet Sehat bagi kita semua.



Add this page to your favorite Social Bookmarking websites